The Best Choice In Property Agent 2013 Awarded by Indonesian Government

Selasa, 16 Oktober 2012

Fall in Love in The First Touch, Blackberry 10

Judul nya sepertinya aneh ya? Fall in Love inThe First Touch. Tetapi memang seperti itulah yang terjadi kepada saya ketika mencoba BB10AD setelah update O.S ke 10.0.9.388. Terasa sekali bedanya antara O.S yang pertama muncul dengan update O.S terakhir. Kemajuannya sungguh pesat. Walaupun kemampuan Blackberry HUB, Flow, Telp, dan sms masih belum bisa, tapi dengan aktifnya kemampuan BBM, browser yang disempurnakan, dan sideload aplikasi .bar dari playbook, membuat BB10AD terasa hidup.

Blackberry Apps World nya pun sudah bisa diakses walaupun masih sekadar demo. Walau title nya demo, namun ada beberapa aplikasi yang sudah bisa didownload langsung. Dan surprise nya, tidak perlu berlangganan BIS atau BES untuk bisa ber-bbm-an. Pake paket data internet unlimited pun sudah bisa. Walau masih banyak Bug, namun tidak membuat rasa excitement nya berkurang. Apalagi buat temen-temen yang hobi ngulik smartphone, BB10AD seperti fragmen gambar yang harus disempurnakan.



Tampilan Menu

Seperti yang terlihat di atas, itu tampilan menu nya. Udah beda khan dengan Blackberry yang ada sekarang. Ini masih standar loh, di bagian background bisa ditambahkan foto atau gambar sesuai selera masing-masing. Seperti layaknya smartphone jaman sekarang yang hampir semua nya mengandalkan layar sentuh, BB10AD juga bernasib sama. Nyaris tanpa tombol. Semua nya dikontrol di layar sentuh dan pada bezel di sekeliling layar tersebut. Dengan layar 4,2 inci, rasanya sudah cukup mumpuni bagi kita untuk bermain game, browsing , sosial media, baca email, nonton video, atau membuat dokumen.

Blackberry Messenger (BBM)



Di samping kanan ini adalah contoh tampilan dari Blackberry Messenger (BBM). Keren bukan. Bener-bener beda dengan yang ada sekarang. Coba anda perhatikan pada bagian bawah gambar. Tanda 3 garis adalah menu utama dari BBM nya. List di samping adalah tampilan list chat yang belum ditutup. Baik itu chatting pada tiap kontak, maupun pada grup. Kembali ke menu dibawah, disamping chats ada contacts, kalo kita sentuh di contacts, maka seluruh kontak kita akan muncul. Kemudian ada groups. Di sini, anda bisa temukan list group yang anda ikuti. Kalo BBM terdahulu, jika ingin melihat group yang anda ikut, anda harus scroll layar BBM hingga ke bawah. Semuanya diblend di satu layar, dan tidak ada tab. Paling anda cuma bisa mengelompokkan kontak di kontak group, supaya anda tidak pusing mencari kontak jika dibutuhkan. Menarik bukan?

Keyboard


Di samping ini adalah bentuk dari keyboard dari Blackberry 10 atau lebih tepat pada BB10AD yang saya temui. Namanya keyboard, hampir semua touchscreen mirip ya. Tetapi yang satu ini, saya rasa pas sekali dengan apa yang saya inginkan. Bentuknya sederhana, namun praktis.


Lagi pula, word completion nya itu yang menggoda. kata-kata yang muncul bisa langsung disentil, beberapa kali sentil, jadi deh kalimat yang diinginkan. Di atas contoh nya. kata-katanya akan muncul di keyboard itu sendiri. Tinggal sentil, hehehe.

Desktop


Ini tampilan Desktop dari BB10AD. Kita bisa lihat, apa saja aplikasi yang sedang running. Kalo layarnya kita swipe/geser ke kiri, maka akan tampil menu. Kalo digeser ke kanan, maka kita akan masuk Blackberry HUB. Apa dan bagaimana Blackberry HUB itu, nanti akan kita bahas di artikel yang berbeda.

Browser


Tampilan di atas adalah bentuk hasil browsing di browser bawaan BB10AD. Sama seperti halnya Playbook dan Blackberry 7, browsernya bisa menampilkan tampilan website versi desktop. Kehandalan dari browser BB10 ini adalah kemampuannya untuk menampilkan web yang sudah menggunakan HTML 5.


Sedangkan di atas ini adalah tampilan browser pertama kali ketika tab baru terbuka. Angka 2 di sisi kiri bawah adalah jumlah tab browser yang terbuka. Mirip seperti tampilan browser di desktop ya. Silakan ditebak sendiri, tampilan ini mirip browser apa, hehehe.

Blackberry Apps World


Di atas adalah tampilan dari Blackberry Apps World di BB10AD. Udah beda banget khan. Udah mirip seperti ITunes Store atau Google Play. Walau ketinggalan, tapi yang penting ada. Dan tampilan beda loh. Gak susah buat share ke temen-temen jika ketemu aplikasi yang kamu anggap menarik. Sebaiknya dicoba dulu ya aplikasi nya, kalo memang bagus, jangan lupa dishare ke teman-teman yang lain.

Battery Life Time

Power manajemen pada saat BB10AD diluncurkan dengan updatenya yang sekarang ini sangat jauh berbeda. Jika dulu di BB10AD dengan OS 10.0.4.xx, baterenya boros sekali, maka di OS 10.0.9.388, batere life time nya bisa mencapai 2 - 4x kali lebih baik dari sebelumnya. Padahal batere yang digunakan tetap sama. Artinya, bukan besaran kapasitas batere saja yang mempengaruhi batere life time nya, tetapi juga  kemampuan power manajemen dari OS juga sangat dibutuhkan.

Kamera


Ups, tolong jangan dihina dulu donk ini siapa, hehehe. Foto di atas adalah foto yang dihasilkan dari kamera depan milik BB10AD. Tajam bukan? Jika sudah pernah menggunakan playbook, cara switch kamera nya sama persis antara Playbook dan BB10AD.


Pada kamera BB10AD, ada 3 fungsi kamera yang dapat diaktifkan di pojok kanan atas layar, yaitu kamera, video recording, dan kamera dengan time frame. Yang unik adalah kameran dengan time frame. Dengan menggunakan fitur time frame ini, anda bisa memilih beberapa mili detik sebelum dan sesudah kamera dijepret.

Update O.S via O.T.A (Over The Air)


Mengikuti jejak pendahulunya, Playbook, BB10AD juga memiliki kemampuan untuk melakukan update OTA (Over The Air) dengan syarat, anda terhubung dengan WIFI berkoneksi internet. Kalo WIFI nya masih intranet, sama saja bohong tentunya. Apakah bisa update kalo tanpa WIFI? Jawabannya: belum pernah coba, heeee.

Install Aplikasi via Sideload

Masih sama seperti Playbook, BB10AD pun masih bisa disideload untuk instalasi aplikasinya. Beberapa aplikasi dari Playbook masih bisa diinstall dan berjalan dengan baik di BB10AD. Yang perlu anda cari adalah file .bar dari aplikasi yang anda mau.

Yang tidak Disuka

Nah, ini bagian yang ditunggu-tunggu, mungkin oleh Blackberry haters, atau para kritikus. Yang jelas, walaupun sudah pakai update O.S BB10 terbaru, banyak terdapat banyak bug yang ditemukan. semisal:

  1. Keyboard yang tiba-tiba freeze dan harus restart handheld.
  2. Logo blackberry tidak muncul, sehingga layanan BBM nya terganggu (ingat, BB10AD tidak memerlukan langganan BIS atau BES, cukup menggunakan akses data internet biasa atau paket internet unlimited). 
  3. Kamera Utama tidak ada flash, sehingga hasil yang diberikan kurang memuaskan, apalagi jika mengambil foto di tempat yang cukup gelap. 
  4. Blackberry HUB, sebagai tempat "All in The Box" masih dilock, sehingga saya tidak bisa mengetahui apa dan bagaimana keunggulan HUB ini sebagai integrated information pada BB10. 
  5. Berhubung HUB masih terkunci, FLOW system pun belum bisa terlihat atau bahkan bisa dibilang tidak terlihat sama sekali. Sebenarnya masih bisa terlihat di dalam BBM, namun kurang menggigit atau nendang rasanya.

Sebenarnya masih banyak yang belum saya coba di BB10AD. Namun berhubung cuma dapat pinjaman 3 hari, ya hanya ini yang bisa saya share. Kalo ada yang kurang, silakan dikomentari. Saya akan tambahkan di posting ini.
Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Copyright © 2011. Demo Template AGC - All Rights Reserved
Template Clone Script ID