The Best Choice In Property Agent 2013 Awarded by Indonesian Government

Rabu, 17 Oktober 2012

Blackberry 10 Pushes All The Time, All The Way

Reseach In Motion (RIM) dengan Blackberry nya telah mengubah system komunikasi dunia terutama email. Dari desktop oriented menjadi mobile. Banyak kalangan, terutama pelaku bisnis merasa sangat tertolong dengan kehadiran Blackberry sebagai pelopor layanan push email mobile hingga saat ini. Seiring perkembangan jaman, ada banyak kebutuhan dari para konsumen yang menghendaki agar hampir semua sektor bisa dimasukkan ke dalam handphone mereka. Mulai dari Email, media sosial, chatting, hingga layanan perbankan. Semua nya harus bisa dikontrol oleh smartphone yang mereka miliki.


Di dunia komunikasi mobile, terdapat 3 jenis cara untuk mendapatkan informasi melalui smartphone yang kita miliki, yaitu system Pull, Poke, dan Push. Kesemua system tersebut sudah diterapkan oleh masing-masing pembuat System Operasi smartphone yang beredar di pasaran.

Pull system membuat smartphone kita harus selalu terhubung dengan jaringan internet untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Akibatnya, jumlah bandwidth yang terpakai besar, dan karena harus selalu terhubung dengan server penyedia layanan jasa, aplikasi yang kita gunakan harus selalu running yang berakibat batere smartphone yang kita gunakan akan terasa boros. Selain itu, pada saat kita menarik informasi dari server, bisa saja sudah ada informasi terbaru yang baru saja masuk dari server layanan. Dengan kata lain, seperti halnya kita mengangkut air dari sumber air ke tempat yang kita inginkan, aplikasi tersebut harus bolak balik berinteraksi dengan server layanannya.

Poke system, sama hal nya seperti Pull system, dimana aplikasi harus selalu berjalan di smartphone kita, dan aplikasi juga harus bolak balik berinteraksi dengan server layanan. Beda Poke system dengan Pull adalah Poke system mengirimkan terlebih dahulu sinyal atau pesan ke server untuk mengecek, apakah ada informasi terbaru atau tidak. Jika tidak ada, maka Poke system akan bekerja secara idle, jika ada, maka informasi tersebut akan diunduh masuk ke dalam smartphone kita. Untuk power manajemen, Poke System sedikit lebih baik dari Pull System.

Bagaimana dengan Push System? Pada Push System, yang bekerja secara aktif adalah server layanan. Dimana setiap ada informasi terbaru yang masuk ke server layanan akan langsung dihantarkan ke dalam smartphone kita walaupun aplikasi sedang tidak berjalan. Kemampuan seperti sangat berguna bagi smartphone kita, terutama untuk power manajemen dan quota bandwidth yang kita miliki.

Pada blackberry 10, semua aplikasi yang bersifat client server dapat memilik kemampuan Push System tersebut. Kenapa? sebab RIM telah menyediakan system push tersebut, dan tinggal dari para developer untuk memanfaatkan keunggulan dan kecanggihan dari system push tersebut.


Seperti yang terlihat pada gambar di atas, system push yang ditawarkan oleh Blackberry adalah Server to Server, infrastruktur to infrastruktur. Jadi, dimana letak handheld/blackberry kita? Posisi nya berada setelah Blackberry Push Data Servers. Dengan system seperti ini, kita sudah mendapatkan benefit "security" yang baik dari system push blackberry. Tidak ada backlink, crawler, atau spy apps yang luput dari filteringnya.

Workflow pada bagan di atas juga menunjukkan bagaimana system kerja dari Blackberry Push tersebut. Sebenarnya workflow pada bagan di atas, digunakan untuk para developer mempelajari bagaimana cara kerja dari system Blackberry Push. Namun, tidak ada salahnya bagi para pengguna seperti kita untuk mengetahui dan mempelajari nya.

Gambar di atas, adalah bagan dari Push Flow secara umum dan sederhana. Jika semua aplikasi bisa dipush, maka bandwidth internet bisa ditekan, battery life bisa lebih panjang, dan tentu saja tingkat radiasi gelombang radio yang dihasilkan oleh smartphone pun bisa sangat-sangat kecil sehingga tidak begitu mempengaruhi kesehatan kita. Walau begitu, system push pun tidak akan begitu terlihat hasilnya jika koneksi internet kita pun selalu bermasalah, nah, untuk yang ini masuk ke ranah para operator telekomunikasi yang produknya kita pakai.

Bagaimana. tertarik bukan untuk menggunakan Blackberry 10? #BB10Believe #isatbb4bb10 #Blackberry10

Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Most View Product

Contact Online

Support : Copyright © 2011. Demo Template AGC - All Rights Reserved
Template Clone Script ID